Minggu, 12 Juni 2016

RUMUSAN MASALAH

PERUMUSAN MASALAH

Rumusan Masalah adalah usaha untuk menyatakan secara tersurat pertanyaan penelitian apa saja yang perlu dijawab atau dicarikan jalan pemecahan masalahnya. Rumusan masalah merupakan suatu penjabaran dari identifikasi masalah dan pembatasan masalah. Dengan kata lain, rumusan masalah ini merupakan pertanyaan yang lengkap dan rinci mengenai ruang lingkup masalah yang akan diteliti didasarkan atas identifikasi masalah dan pembatasan masalah. Suatu perumusan masalah yang baik berarti telah menjawab setengah pertanyaan atau dari masalah. Masalah yang telah dirumuskan dengan baik, tidak hanya membantu memusatkan pikiran, sekaligus juga mengarahkan cara berpikir kita.
 

Langkah-langkah Perumusan Masalah:

  1. Tentukan fokusnya terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, cari berbagai kemungkinan faktor yang ada kaitannya dengan fokus tersebut.
  3. Diantara faktor-faktor yang terkait, tentukan mana yang sangat menarik untuk ditelaah.
  4. Kaitannya secara logis faktor-faktor sub fokus yang dipilih dengan fokus penelitian.

Prinsip-prinsip Rumusan Masalah:

  1. Prinsip yang berhubungan dengan teori dasar.
  2. Prinsip yang berkaitan dengan maksud perumusan masalah.
  3. Prinsip hubungan faktor.
  4. Fokus sebagai wahana untuk membatasi studi.
  5. Prinsip yang berkaitan dengan kriteria inklusi-ekslusi (harus jelas, tidak ambigu).
  6. Prinsip sehubungan dengan posisi perumusan masalah.
  7. Prinsip yang berkenaan dengan hasil penelaahan kepustakaan.
  8. Prinsip yang berkenaan dengan penggunaan bahasa 

Model Perumusan masalah:


Ada beberapa model dala rumusan masalah, yaitu Rumusan Masalah Deskriptif ,Rumusan Masalah Komparatif
dan, Rumusan Masalah Asosiatif.

Contoh rumusan masalah deskriptif.

  • Seberapa baik kinerja guru tersertifikasi?
  • Bagaimana minat mahasiswa terhadap program WCU?
  • Seberapa besar motivasi mahasiswa dalam perkuliahan MPP?
  • Seberapa besar hasil belajar mahasiswa yang mengikuti perkuliahan DDL?
  • Seberapa besar tingkat kepedulian guru BP terhadap tingkat sosial ekonomi mahasiswa?
  • Seberapa tinggi tingkat produktifitas dosen dalam melaksanakan Tridarma PT?

Contoh rumusan masalah komparatif.

  • Adakah perbedaan prestasi belajar antara siswa dari SMK negeri dan swasta?
  • Adakah perbedaan kinerja antara guru tersertifikasi jalur portofolio dengan jalur PLPG?
  • Adakah perbedaan IP dan motivasi belajar antara mahasiswa FT UNY asal SMA dengan SMK?
  • Adakah perbedaan prestasi belajar, partisipasi belajar dan minat belajar antara siswa yang diajar dengan metode ceramah dengan metode perbantuan multimedia?

Contoh rumusan masalah asosiatif

1. Hubungan Simetris
  • Adakah hubungan antara kedisiplinan berlalulintas dengan jarak rumah ke kampus?
  • Adakah hubungan antara prestasi belajar dengan kemampuan berkomunikasi?
  • Adakah hubungan antara besarnya uang saku dengan perhatian DOI
2. Hubungan Kausal
  • Adakah pengaruh sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMK?
  • Adakah pengaruh motivasi kerja terhadap karier jabatan guru?
  • Adakah pengaruh pengalaman kerja, latar belakang pendidikan dan prestasi kerja terhadap kemampuan mengajar?
3. Hubungan Interaktif/Timbal Balik
  • Adakah hubungan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa SMKN 2 Depok?
  • Adakah hubungan antara kemampuan kognitif dan kemampuan psikomotorik dengan tingkat partisipasi belajar?
  • Adakah  hubungan antara besarnya gaji, motivasi kerja dan penilaian atasan dengan prestasi kerja guru?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar